Ukuran Statistika

Ukuran Statistika. Teknologi dan notasi yang digunakan statistikawan dalam mengolah data statistik sepenuhnya bergantung pada apakah data tersebut merupakan populasi atau suatu contoh yang diambil dalam dari suatu populasi.

Parameter adalah sembarang nilai yang menjelaskan ciri populasi.
Statistik adalah sembarang nilai yang menjelaskan ciri suatu contoh.

Kemudian untuk menyelidiki segugus data kwantitatif akan sangat membantu bila ukuran-ukuran numerik yang menjelaskan ciri-ciri data yang penting didefinisikan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah penggunaan rata-rata, baik terhadap contoh maupun populasi.


Pemakaian harga rata-rata banyak sekali dilakukan, bukan saja di dalam pelajaran statistik, akan tetapi dalam perhitungan sehari-hari.

Seorang dapat berkata, misalnya : "Rata-rata kelahiran di suatu negara adalah 2.3 persen per tahun". Contoh ini dapat diperbanyak dengan mudah dan dapat diambil dari segala aspek kehidupan.

Harga rata-rata adalah harga yang dapat dipakai untuk mewakili sekumpulan data, suatu harga yang representatif. Dapat ditambahkan disini, selain disebut sebagai measure of central tendency (ukuran tendensi pertengahan), dinamakan juga measures of central values (ukuran nilai-nilai pertengahan), atau measures of centarl position (ukuran tempat pertengahan), ketiga nama ini menekankan perkataan central yang berarti pusat atau pertengahan. Sehingga kesemuanya itu dapat disebut sebagai ukuran pemusatan.



Category Article

One Response to “Materi Statistik”

What's on Your Mind...