Ukuran Pemusatan Rata-rata Hitung

Didalam bagian ini dibicarakan mengenai harga rata-rata hitung (arithmetic mean), dimana harga rata-rata ini dapat digunakan untuk data yang tak tersusun (ungrouped data), yaitu data yang belum tersusun distribusi frekuensinya, ataupun data yang telah tersusun dalam bentuk distribusi frekuensi (grouped data).

Rata-rata hitung dikenal juga sebagai nilai tengah.

Selain itu, rata-rata hitung dapat juga dibagi menjadi dua yaitu, rata-rata hitung untuk segugus data yang membentuk populasi, dan data yang merupakan contoh.

Bila segugus data X1, X2, ....Xn tidak harus semuanya berbeda, menyusun sebuah populasi terhingga berukuran N, maka nilai rata-rata hitung populasinya adalah:


Banyaknya pegawai di lima apotik adalah 3,4,5,6 dan 6. Dengan memandang data itu adalah sebagai populasi, hitunglah nilai rata-rata hitung banyaknya pegawai bagi lima apotik itu.
jawab : Karena datanya merupakan sebuah populasi terhingga, maka

Misalkan X1,X2 ,...Xn tidak harus semuanya berbeda, merupakan sebuah contoh terhingga berukuran n, maka nilai rata-rata hitung contohnya adalah :

Seorang petugas memeriksa suatu contoh acak tujuh kaleng ikan tuna merk tertentu untuk diperiksa persentase ketidak murniannya. Data yang diperoleh adalah 1.8, 2.1, 1.7, 1.6, 0.9, 2.7, dan 1.8. Tentukanlah rata-rata hitung contohnya.
jawab : Karena data ini merupakan contoh, kita peroleh


Selain rumus diatas dapat juga dengan terlebih dahulu menentukan rata-rata hitung dugaan. Jika M merupakan suatu nilai yang diterka dari harga rata-rata hitung yang dipilih secara sembarang dan jika di=xi - M, maka :




Category Article

What's on Your Mind...