Penyajian Grafik

Distribusi frekuensi dapat juga disajikan dalam bentuk grafik. Penyajian grafik yang sangat luas digunakan bagi data numerik adalah diagram balok seperti gambar dibawah ini.

Diagram Balok umur Aki

Penyajian data lainnya adalah berbentuk Histogram. Histogram berbeda dengan Diagram Balok dala hal sebagai lebar baloknya digunakan batas kelas bukan limit kelas. Untuk beberapa masalah tertentu  akan lebih baik bila sumbu tegaknya menyatakan frekuensi relatif atau persentase. Grafiknya disebut Histogram Frekuensi Relatif atau Histogram Persentase, bentuknya persis dengan histogram frekuensi, hanya skala tegaknya berbeda. 


Histogram Frekuensi

Biasanya ada kecenderungan bahwa yang menjadi patokan adalah luas dari persegi panjang tersebut bukan tingginya. Tetapi untuk lebar kelas yang berbeda, tinggi persegi panjang itu harus dibagi dengan perbandingan lebar yang lebih besar dengan gaya yang lebih kecil. Hal ini dapat dilihat dalam gambar dibawah ini, karena lebar kelas yang dipakai ada dua lebar kelas, maka lebar kelas dari 2.5-3.4, lebar kelasnya harus kita bagi dengan lebar kelas lainnya, yaitu didapat ternyata lebar selang 2.5-3.4 dua kali lebih panjang dari lebar kelas lainnya. Sehingga tinggi dari kelas 2.5-3.4, harus dibagi 2.

Histogram Frekuensi yang tidak benar dengan lebar kelas yang tidak sama

Histogram Frekuensi yang benar dengan lebar kelas yang tidak sama

Cara lainnya lagi adalah dalam bentuk poligon frekuensi. Poligon frekuensi dibentuk dengan memplotkan frekuensi kelas terhadap titik tengah kelas dan kemudian menghubungkan titik-titik yang berurutan dengan garis lurus. Dengan kata lain poligon merupakan bangun bersisi banyak yang tertutup. Jika frekuensi yang ada dalam bentuk frekuensi relatif, maka disebut poligon frekuensi relatif atau poligon persentase.

Poligon Frekuensi

Ogif atau Poligon Frekuensi Kumulatif

Grafik garis lainnya disebut Poligon Frekuensi Kumulatif atau Ogif, didapat dengan memplotkan frekuensi kumulatif yang lebih kecil daripada batas atas kelas terhadap batas atas kelasnya.



Category Article

What's on Your Mind...